Jumat, 20 April 2012

diktat profesi kependidikan

A. Hakekat Profesi
Secara umum yang dimaksud dengan tenaga kependidikan adalah orang-orang yang berkecimpung dengan peserta didik dan peduli dengan masalah-masalah kependidikan serta meiliki tugas dan wewenang tertentu dibidang kependidikan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Peraturan pemerintah No.38/1992 tentang tenaga kependidikan banyak diatur tentang jenis, jenjang, wewenang, pengadaan, penugasan dan pemberhentian, pembinaan dan pengembangan, kesejahteraan, kedudukan dan penghargaan, dan ikatan profesi tenaga kependidikan

Salah satu ciri profesi adalah kontrol yang ketat atas para anggotanya. Suatu profesi ada dan diakui masyarakat karena ada usaha dari orang-orangnya untuk menghimpun diri. Lewat organisasi itu, profesi dilindungi dan kemungkinan penyalahgunaan yang bisa membahayakan keutuhan dan wibawa profesi itu. Kode etik pun disusun dan disepakati oleh para anggotanya.
Bagaimana dengan profesi mengajar atau keguruan? Profesi ini termasuk yang bernasib kurang baik. Ada yang ngotot menyebutnya profesi. Ada juga yang menganggapnya bukan. Ada yang mengambil jalan tengah dengan menyebut mengajar/keguruan sebagai “semi profesional”. Kriteria profesi boleh saja diurutkan satu persatu, tetapi percuma. Keguruan tetap saja begini, dianggap profesi antara ada dan tiada. Disebut ada, memang ada, terbukti dari adanya kegiatan belajar mengajar dan ada jutaan guru. Dikatakan tiada, bisa juga, karena profesi ini tidak jelas defenisinya.
Profesi dalam dirinya mengandung pengertian penyerahan, pengabdian penuh pada suatu jenis pekerjaan yang mengimplikasikan tanggung jawab pada diri sendiri, orang lain dan profesi. Seorang profesional bukan hannya berkerja, melainkan ia tahu mengapa dan untuk apa ia berkerja serta tanggung jawab apa yang melekat dalam pekerjaannya. Jadi ia tidak boleh semaunya dalam berkerja.
Guru pada jenjang kebawahlah sering menjadi sorotan. Pada mereka, mengajar sebagai suatu kegiatan profesional masih dipertanyakan kebenarannya. Kini situasinya memang sudah lebih baik sehubungan dilakukannya secara ketat sertifikat mengajar yang hanya membolehkan orang-orang berwenang untuk berdiri di muka kelas.
1. Pengertian Profesi
Profesi pada hakikatnya adalah suatu pernyataan atau suatu janji terbuka yang menyatakan bahwa seseorang itu mengabdikan dirinya pada suatu jabatan atau pelayanan karena orang tersebut merasa terpanggil untuk menjabat pekerjaan itu. Istilah profesi, menurut Everest Hughes (dalam Piet A Sahartian, 1994) merupakan simbol dari suatu pekerjaan dan selanjutnya menjadi pekerjaan itu sendiri. Hoyle, (dalam Dedi supriadi, 1997).
Pengertian profesi mungkin sudah dimengerti oleh banyak orang bahwa suatu hal yang berkaitan dengan bidang yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian.tetapi dengan keahlian saja yang diperoleh dari pendidikan kejuruan juga belum cukup disebut profesi.
Profesi adalah jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian dan etika khusus serta baku (standar layanan). Profesi adalah suatu pekerjaan yang dalam melaksanakan tugasnya memerlukan/menuntut keahlian (expertise), menggunakan teknik-teknik ilmiah, serta dedikasi yang tinggi. Keahlian diperoleh dari lembaga pendidikan yang khusus diperuntukkan untuk itu dengan kurikulum yang dapat dipertanggungjawabkan.

2. Pengertian Profesional
Profesional adalah melaksana profesional maka kita harus tau dulu arti dari profesional. tidak mungkin kita bisa jadi profesional, kalau kita tidak tau apa itu arti dari profesional.
Definisi Profesional. Istilah “ Profesional “ diadaptasikan dari istilah bahasa Inggris yaitu Profession yang berarti pekerjaan atau karir kan pekerjaan yang seharusnya dilaksanakan oleh seseorang dengan mematuhi peraturan dan norma-norma yang berlaku baik tertulis maupun tidak tertulis dan melaksanakan pekerjaannya tersebut dengan sebaik-baiknya. Profesional adalah sifat sesuatu yang berkenaan dengan profesi, penampilan dalam menjalankan jabatan sesuai dengan tuntutan profesi, orang yang mempunyai kemampuan sesuai tuntutan profesi Dan ini sangat berkaitan erat dengan kepuasan cutomer.
Profesional adalah orang yang menyandang suatu jabatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan keahlian atau keterampilan yang tinggi.(Online)
Profesional adalah orang yang menyandang suatu jabatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan keahlian atau keterampilan yang tinggi. Hal ini juga pengaruh terhadap penampilan atau performance seseorang dalam melakukan pekerjaan di profesinya
3. Pengertian Profesionalisme
Profesionalisme adalah komitmen para profesional terhadap profesinya. Komitmen tersebut ditunjukkan dengan kebanggaan dirinya sebagai tenaga profesional, usaha terus-menerus untuk mengembangkan kemampuan professional. Profesionalisme merupakan komitmen para anggota suatu profesi untuk meningkatkan kemampuannya secara terus menerus.

4. Pengertian Profesionalitas
Profesionalitas merupakan sikap para anggot Profesionalisasi adalah proses atau perjalanan waktu yang membuat seseorang atau kelompok orang menjadi profesional. Profesionalisasi adalah proses atau perjalanan waktu yang membuat seseorang atau kelompok orang menjadi profesional.
Profesionalitas adalah usaha menjadikan suatu jabatan sebagai pekerjaan professional, upaya dan proses peningkatan dasar, criteria, standar, kemampuan, keahlian, etika, dan perlindungan suatu profesi ini.
5. Pengertian Profesionalisasi

Profesionalisasi adalah proses atau per Profesionalitas merupakan sikap para anggota profesi benar2 menguasai, sungguh2 kepada profesinya. Jalanan waktu yang membuat seseorang atau kelompok orang menjadi professional.

B. CIRI-CIRI PROFESI KEPENDIDIKAN

1. Standar Unjuk Kerja
• lembaga pendidikan khusus untuk menghasilkan pelaku profesi tersebut dengan standar kualitas akademik yang bertanggung jawab;
• organisasi profesi
• etika dan kode etik profesi;
• sistem imbalan
• pengakuan masyarakat.
2. Pengertian Profesi Kependidikan
Suatu pekerjaan yang dalam melaksanakan tugasnya memerlukan/menuntut keahlian (expertise), menggunakan teknik-teknik ilmiah, serta dedikasi yang tinggi. Keahlian diperoleh dari lembaga pendidikan yang khusus diperuntukkan untuk itu dengan kurikulum yang dapat dipertanggung jawabkan.
3. Ciri – Ciri Profesi Kependidikan
 Memiliki keterampilan yang tinggi dalam suatu bidang serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidang tadi.
 Memiliki ilmu dan pengalaman serta kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah dan peka di dalam membaca situasi cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan.
 Memiliki sikap berorientasi ke depan sehingga punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di hadapannya.
 Memiliki sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain, namun cermat dalam memilih yang terbaik bagi diri dan perkembangan pribadinya.



DAFTAR PUSTAKA
Nurdin, Syafruddin. 2002, Guru Professional Dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Pres.
Suparlan. 2006 Guru Sebagai Profesi. Yogyakarta: Hikayat Publising..
Sarimaya , Farida.2008, Sertifikasi Guru. Bandung: CV. Yrama Widya.
Soetjipto, 1994, Profesi Keguruan,Jakarta. Rinela cipta.
Hariyoko, Sapto. 2009, Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Makassar. UNM Makassar
Hamzah , 2007. Pfofesi kependidikan, gorontalo. Bumi Aksara
Gangel, Kenneth O; Hendricks, Howard. The Christian Educator’s Handbook on Teaching, Victor Books, 1988
Mulyasa, E. Standaar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008
Yamin, Martinis. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada, 2006.dah

Sumber internet:

http//JURNAL-PEMIKIRAN-ALTERNATIF-PENDIDIKAN/INSANIA/Vol.12/No. 1/Jan-P3M STAIN Purwokerto/Rahman Afandi /3 Apr 2007/66-80.html
Http//blogspot.Masofa/syarat-menjadi-guru/22:55/juni.htlm
http// Karsida, Rafik. 2005. Profesionalisme gurudan peningkatan mutu pendidikan . wonogiri, 23 juli.
Http// makalah Guru prfesional.2009.saminang.yogyakarta poste.
http://www.kawankuliah.com/download/semester%20VII/etika%20dan%20profesi/etika%20dan%20profesi%20cyberlaw.pdf
: http://growol.blogspot.com/2010/11/apa-itu-pendidik.html#ixzz1fiqvKVMR
http//RINGKASAN PROFESI KEGURUAN (MKDK4005) Oleh : Muh Rosyid,S.Pd.,M.M.Pd. Tutor UT-UPBJJ Purwokerto Kamis, 29 Oktober 2009
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2189218-kompetensi-kepribadian-guru (Pdt. Rubin Adi Abraham) August 21st, 2009
Anwar, Qomari, Reorientasi Pendidikan Dan Profesi Keguruan, Jakarta : Uhamka Press, 2002
http//Dosen Fakultas Tarbiyah Universitas UIN Malang,23 10 2009
HTPP//Posted by Muh_Rosyid at Kamis, Oktober 29, 2009 Labels: DIKLAT, PENDIDIKAN, STIE-PUTRA-BANGSA, UT
http//posted by jufrisyahruddin pada Juli 18, 2007
Http// www.bloger com /Ulianta,Kompetensi pendidik profesional June 27, 2009 By: admin Category: Artikel Pendidikan
Http//education.blogspot.com/pengelolaan-kelas/10/12/2011/html
"http://ms.wikipedia.org/w/index.php?title=Teori_pembelajaran_dan_pengajaran&oldid=1326557
http//www.bloger./evaluasipembelajaran/dwi_ayu/dkk,2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar